logo seputarnusantara.com

Abdul Kharis Almasyhari: Anggaran, SDM & Kesejahteraan TNI Harus Ditingkatkan

Abdul Kharis Almasyhari: Anggaran, SDM & Kesejahteraan TNI Harus Ditingkatkan

DR. H. Abdul Kharis Almasyhari, SE., M. Si., Ketua Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS

10 - Okt - 2016 | 21:00 | kategori:Headline

Jakarta. Seputar Nusantara. Komisi I DPR RI meminta kepada pemerintah agar tidak memangkas anggaran Kementerian Pertahanan, karena dikhawatirkan akan berdampak pada kesiapan tempur Tentara Nasional Indonesia.

Menurut DR. H. Abdul Kharis Almasyhari, Ketua Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS (Partai Keadilan Sejahtera), bahwa dukungan Komisi I DPR RI kepada Kemenhan (Kementerian Pertahanan RI) terkait anggaran, itu berdasarkan Pagu indikatif yang ada dalam APBN.

” Walaupun, menurut hemat saya, Pagu Indikatif dalam APBN untuk anggaran Kemenhan, saya rasa masih kurang. Karena dalam baseline anggaran Kemenhan ada Rp 209 Triliun, tetapi dalam Pagu Indikatif tahun 2016 yang ada di Kementerian Keuangan hanya Rp 104 Triliun,” ungkap Abdul Kharis Almasyhari kepada seputarnusantara.com di Gedung Komisi I DPR RI- Senayan, pada Senin 10 Oktober 2016.

Menurut Ketua Komisi I DPR RI ini, anggaran Kemenhan seharusnya bisa ditingkatkan lagi. Itu sebagai wujud dukungan Komisi I DPR untuk mempertahankan negara ini, jangan sampai terganggu oleh negara lain atau bahkan mungkin bisa terganggu kedaulatan negara kita.

” Jangan sampai hanya gara- gara anggaran Kemenhan minim, menyebabkan Kedaulatan Negara Indonesia terganggu. Ini yang tidak kami harapkan. Oleh karena itu, kami Komisi I DPR selalu mendukung agar anggaran Kemenhan dari tahun ke tahun dapat dinaikkan,” ucap Abdul Kharis.

Abdul Kharis memaparkan, pemerintah harus memperhatikan Renstra (Rencana Strategis) Kemenhan dan TNI, jadi harus fokus pada Renstra tersebut. Renstra Kemenhan dan TNI 2015- 2019 harus fokus dan dapat diimplementasikan.

” Renstra ini tidak hanya Alutsista (Alat Utama Sistem Persenjataan, red.), tetapi SDM (Sumber Daya Manusia) juga harus kuat. Jangan sampai Alutsista maju dan kuat, tetapi SDM- nya lemah. Alutsista memang harus dan wajib diperbaiki dan diperkuat, tetapi jangan lupa SDM nya juga harus diperkuat, agar TNI Profesional,” tegas Ketua Komisi I DPR RI ini.

” Selain Alutsista dan SDM, jangan lupa masalah kesejahteraan Prajurit juga harus diperhatikan. Jangan sampai saat prajurit bertugas, masih melamun memikirkan nasib keluarganya. Bayangkan, misalnya prajurit penerbang, menerbangkan pesawat tempur yang sangat mahal dan beresiko, tetapi sambil melamun memikirkan keluarganya yang kurang sejahtera. Ini bisa bahaya dan membahayakan prajurit itu sendiri dan negara,” pungkas Abdul Kharis Almasyhari. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline