logo seputarnusantara.com

Antisipasi Kerawanan di Musim Hujan, Dinas Lingkungan Hidup Purworejo Aktif Rabas Pohon Berbahaya

10 - Nov - 2021 | 14:28 | kategori:Headline

Keterangan foto : Slamet, S. IP., Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Purworejo- Jawa Tengah

Purworejo. Seputar Nusantara. Dinas LH (Lingkungan Hidup) Kabupaten Purworejo- Jawa Tengah aktif melakukan perabasan pohon. Kegiatan rabas ini supaya pohon tetap rindang, asri, dan tidak berbahaya.

Rabas pohon yang dilakukan oleh Bidang Kebersihan dan Pertamanan pada Dinas Lingkungan Hidup ini selalu rutin dikerjakan, demi keasrian dan keamanan.

” Kewenangan kami di wilayah perkotaan, jadi tim Rabas pohon selalu keliling setiap hari untuk mengontrol dan melakukan Rabas pohon jika memang pohon tersebut sudah sangat lebat dan membahayakan masyarakat,” ungkap Slamet, S. IP., Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Purworejo.

Keterangan foto : pekerjaan Rabas pohon di Jalan S. Parman Kutoarjo kerjasama antara Dinas Lingkungan Hidup Purworejo dan PLN

Slamet menjelaskan bahwa memasuki musim penghujan seperti sekarang ini, peranan Dinas Lingkungan Hidup sangat besar. Karena ada beberapa kerawanan saat musim penghujan, seperti banjir, got tersumbat, dan tumbangnya pohon yang bisa berakibat fatal kerusakan jaringan listrik/ telepon, mencederai manusia, atau menimbulkan kerusakan rumah.

“Mudah- mudahan di musim penghujan ini tidak ada musibah ataupun kerusakan yang berarti. Kita Dinas Lingkungan Hidup sudah antisipasi dengan maksimal. Namun jika ada hal tidak sesuai keinginan kita, berarti itu diluar prediksi, mungkin hujan sangat lebat dan angin sangat kencang,” terang Slamet.

Menurutnya, tim Rabas pohon selalu monitoring rutin. Jika ada pohon yang mengganggu jaringan listrik, maka tim Rabas akan melakukan perabasan demi keamanan.

“Kami rutin melakukan Rabas pohon. Tim kami bersama PLN (Perusahaan Listrik Negara, red.), setiap hari Sabtu selalu melakukan kegiatan bersama untuk Rabas, karena ketika melakukan Rabas, listrik harus padam, maka kami bersinergi dengan PLN,” ucapnya.

Selain masalah Rabas pohon, Slamet juga berharap agar masyarakat peduli terhadap lingkungan, dengan membuang sampah pada tempatnya, kemudian juga ikut berperan membersihkan got/ saluran air supaya tidak tersumbat, yang bisa mengakibatkan banjir.

“Peran masyarakat sangat kami harapkan. Bagi masyarakat yang tinggal di lereng supaya menjaga kelestarian lingkungan, menanam pohon untuk mencegah longsor dan sebagai sumber oksigen, intinya kami mengharapkan peran serta masyarakat,” tegas Slamet.

Dia memaparkan bahwa di lingkungan perkotaan setiap hari selalu disapu bersih oleh tim LH. Bahkan setiap pagi dan sore kegiatan sapu bersih wilayah perkotaan selalu rutin dilakukan.

“Kami menekankan supaya kebersihan dan keindahan selalu diutamakan. Khususnya wilayah perkotaan, kami selalu melakukan kegiatan agar kebersihan dan keindahan selalu terjaga,” imbuhnya.

Slamet berpesan kepada masyarakat agar jangan membuang sampah sembarangan, buanglah sampah pada tempatnya. Membuang sampah rumahan lebih baik langsung ke TPS (Tempat Pembuangan Sampah) daripada ditaruh dipinggir jalan.

“Walaupun kita juga membersihkan dan mengambil sampah- sampah tersebut, namun kami mohon supaya masyarakat membuang sampat di tempatnya, supaya kebersihan, keasrian, dan kenyamanan bisa selalu terjaga di Purworejo tercinta ini,” pungkas Slamet, Kepala Bidang Kebersihan dan Pertamanan Dinas Lingkungan Hidup Purworejo. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline