logo seputarnusantara.com

Gathot Suprapto (Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Purworejo) : Kembangkan Home Industry

22 - Nov - 2021 | 14:07 | kategori:Headline

Keterangan foto : Gathot Suprapto, SH., Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo- Jawa Tengah

Purworejo. Seputar Nusantara. Home Industry adalah suatu unit usaha/ perusahaan dalam skala kecil yang bergerak dalam bidang industri tertentu. Biasanya usaha ini hanya menggunakan satu atau dua rumah sebagai pusat produksi, administrasi dan pemasaran sekaligus secara bersamaan.

Di wilayah Purworejo- Jawa Tengah, home industry cukup banyak dikerjakan oleh masyarakat. Mereka memanfaatkan bahan baku yang memang banyak berasal dari Purworejo.

Menurut Gathot Suprapto, SH., Plt. Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja Kabupaten Purworejo- Jawa Tengah, bahwa dinasnya selalu membuat program kerja yang mendorong masyarakat untuk mengembangkan IKM (Industri Kecil dan Menengah).

” Tujuan kami supaya industri kecil dan menengah memiliki kompetensi dan daya saing di bidang industri. Sehingga kami fokus pada pendampingan dan pelatihan- pelatihan,” ungkap Gathot Suprapto kepada seputarnusantara.com di ruang kerjanya, Senin (22/ 11).

Lebih lanjut Gathot menjelaskan, salah satu klaster unggulan di Purworejo adalah bambu, sehingga industri yang berbahan baku dari bambu potensial dan sangat berkembang. Maka Dinas Perindustrian bekerjasama dengan para pengrajin yang sudah profesional untuk memberikan pelatihan kepada masyarakat.

” Aneka kerajinan dari bambu ini bisa berbentuk meja kursi, kap lampu, tas jinjing dll. Dan aneka kerajinan ini sudah kita ekspor ke luar negeri, tentu sudah melalui verifikasi dan kualitasnya juga terjamin, sehingga konsumen di luar negeri merasa puas,” terang Gathot.

Kemudian, lanjutnya, karena situasi pandemi Covid- 19, sementara ini untuk promosi memang agak terkendala. Namun, Dinas Perindustrian Purworejo bekerjasama dengan perangkat daerah lainnya selalu berusaha mengembangkan UKM (Usaha Kecil Menengah) atau IKM (Industri Kecil Menengah), karena UKM dan IKM ini hampir sama.

” Alhamdulillah sudah terbentuk Forum UKM ditingkat Kabupaten Purworejo, ini bagus untuk saling sharing dan sinergi dalam rangka pengembangan UKM. Sehingga jika ada kegiatan- kegiatan UKM bisa saling bertukar informasi dan bisa sinergi dalam pelaksanaannya,” ucapnya.

Khusus untuk bambu, dirinya yakin bahwa industri yang berbahan baku bambu masih sangat potensial dan luar biasa. Bahkan kami memiliki persepsi bahwa bambu ini masih perlu dikembangkan lagi, karena potensinya besar.

” Kami menekankan kepada masyarakat Purworejo bahwa untuk mengembangkan industri itu kuncinya cuma satu yaitu belajar dan belajar. Masyarakat harus bisa belajar mengolah produk dengan berbagai variasinya. Dan masyarakat harus punya kreasi dan inovasi bagaimana agar produk memiliki nilai tambah yang tinggi,” tegasnya.

” Disamping kreatifitas dan inovasi, para pengrajin juga harus memiliki estetika yang tinggi, sehingga produknya layak jual. Masyarakat juga harus mampu mandiri, tidak bergantung kepada orang lain,” pungkas Gathot Suprapto di penghujung wawancara dengan seputarnusantara.com (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | TRACKBACK |

Silakan Mengisi Komentar

You must be logged in to post a comment.

Tulisan dengan Kategori Headline