logo seputarnusantara.com

Dinas PUPR Purworejo Berkinerja Sangat Bagus, Target Kinerja Sebesar 76,22 %, Lampaui Target Sebesar 78,73 %

24 - Nov - 2021 | 14:36 | kategori:Headline

Keterangan foto : Suranto, S. Sos., M.PA., Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Purworejo- Jawa Tengah

Purworejo. Seputar Nusantara. Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Purworejo- Jawa Tengah intensif melaksanakan pekerjaan fisik untuk kemajuan masyarakat Purworejo.

Sebab, pekerjaan fisik seperti pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, dan saluran irigasi, merupakan kegiatan yang sangat menunjang percepatan perpindahan arus barang dan jasa, yang mana hal tersebut akan mempercepat pertumbuhan perekonomian.

Hal tersebut disampaikan oleh Suranto, S. Sos., M.PA., Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Purworejo kepada seputarnusantara.com diruang kerjanya, Rabu (24/11).

Suranto memaparkan bahwa pada laporan kinerja per-akhir Oktober 2021 ini, Dinas PUPR Purworejo, dari target kinerja sebesar 76,22 %, tetapi justru melampaui target yakni sebesar 78,73 %, artinya Dinas PUPR bekerja maksimal.

” Dari target 76,22 % per-akhir Oktober 2021 ini, kinerja di Dinas kami justru melebihi target tersebut. Karena kami berhasil mencapai 78,73 %, artinya Dinas kami bekerja On Progress,” ungkap Suranto dengan mantap.

Capaian tersebut, lanjutnya, berkat kerjasama yang sangat bagus dengan pihak lain. Karena Dinas PUPR banyak melibatkan pihak ke-3 dalam melaksanakan program kegiatan, sehingga capaian yang baik ini merupakan sinergi antara Dinas PUPR dengan pihak ke-3.

” Karena Dinas kami bekerjasama dengan pihak ke-3, maka sesuai dengan yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Kabupaten Purworejo, bahwa clossing kontraktualnya pada tanggal 14 Desember 2021. Smoga ini segera terselesaikan,” ucap Suranto.

Namun, imbuhnya, kalau ada kontrak kerja yang belum selesai pada 14 Desember 2021, maka harus ada izin dan perlakuan khusus supaya keuangannya tidak terkendala. Memang secara regulasi dibenarkan bahwa tahun anggaran tutup pada 31 Desember 2021. Namun demikian, supaya tidak terjadi penumpukan penyerapan anggaran di akhir tahun, diharapkan kontrak kerja selesai pada 14 Desember 2021.

” Hanya saja, pekerjaan yang kontraknya melebihi tanggal 14 Desember 2021, harus melalui izin Bupati supaya anggaran tidak terblokir,” jelas Kepala Dinas PUPR ini.

Lebih lanjut dirinya menjelaskan bahwa Dinas PUPR adalah Dinas yang mendukung Bupati dalam penanganan infrastruktur baik itu infrastruktur jalan, jembatan, maupun yang berhubungan dengan pertanian yaitu saluran irigasi.

” Untuk Anggaran tahun 2021 ini, kami punya 9 program dan ratusan kegiatan. Karena kegiatan pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, dan saluran irigasi ini mempunyai banyak sub-kegiatan. Kemudian bidang Cipta Karya yang menangani gedung- gedung pemerintah, ada pembangunan satu kantor Kelurahan, Disdikpora, dan kantor Polsek di wilayah Kecamatan Purwodadi,” terang Suranto dengan rinci.

Dia menyampaikan bahwa untuk kegiatan yang paling banyak menyerap anggaran adalah pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan. Dananya bersumber dari APBD Kabupaten Purworejo, bantuan Provinsi Jawa Tengah, dan bersumber dari DAK (Dana Alokasi Khusus), yang totalnya sekitar Rp 76 Milyar.

” Kenapa pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan paling banyak menyerap anggaran? Karena infrastruktur jalan Kabupaten yang harus kami tangani sepanjang 769 KM, kemudian ada jalan poros desa sepanjang 1.254 KM. Namun demikian, kami menangani hal- hal yang urgent. Kalau pemeliharaan, yang rusak ringan kita perbaiki dan yang rusak berat kita tingkatkan,” paparnya.

” Kalau harus menyelesaikan semuanya secara bersamaan se-Kabupaten Purworejo, tentu membutuhkan anggaran yang sangat besar. Namun alhamdulillah semua kegiatan sudah On Progress dan untuk memenuhi target sampai Desember 2021 nanti, semua sedang berjalan di lapangan,” pungkas Suranto di penghujung wawancara dengan seputarnusantara.com (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | TRACKBACK |

Silakan Mengisi Komentar

You must be logged in to post a comment.

Tulisan dengan Kategori Headline