logo seputarnusantara.com

Perluas Sebaran Informasi Parlemen, Setjen DPR Jalin Kerjasama Dengan RRI

29 - Sep - 2022 | 11:00 | kategori:Headline

Keterangan foto : Sekretaris Jenderal DPR RI DR. Ir. Indra Iskandar, M. Si. (kanan), usai penandatanganan nota kesepahaman dengan Radio Republik Indonesia (RRI) di Kantor Pusat RRI, Jakarta, Rabu (28/9/2022)

Jakarta. Seputar Nusantara. Untuk memperluas sebaran informasi terkait tugas dan fungsi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Sekretariat Jenderal DPR RI menandatangani nota kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) dengan Radio Republik Indonesia (RRI). Kerjasama ini merupakan salah satu upaya untuk menjalankan transparansi Parlemen dan membangun pemahaman publik terhadap kinerja Dewan.

“ MoU hari ini merupakan hasil pembicaraan, pembahasan sebelumnya serta diteruskan dengan visit media yang dilakukan Biro Pemberitaan Parlemen DPR sebagai upaya membangun pemahaman publik terhadap kinerja Anggota Dewan, rapat- rapat, dan berbagai kegiatan Dewan baik dalam bentuk siaran langsung maupun rekaman,” ujar Sekretaris Jenderal DPR RI DR. Ir. Indra Iskandar, M. Si., usai penandatanganan di Kantor Pusat RRI, Jakarta, Rabu (28/9/2022).

Dalam sambutannya, Indra Idkandar menjelaskan bahwa banyak informasi kinerja Dewan yang tidak tersampaikan ke publik. Termasuk upaya- upaya yang menghasilkan kebijakan bagi masyarakat, seperti saat para Legislator memperjuangkan turunnya Ongkos Naik Haji (ONH) beberapa waktu yang lalu. Untuk itu, dia berharap RRI dengan jaringannya menjadi yang terdepan dalam menyampaikan kinerja Dewan.

“ Saat ini Wakil Rakyat bicara baik dalam rapat pengawasan, rapat pembahasan Rancangan Undang- Undang (RUU), bicara dalam pembahasan anggaran, perlu disampaikan ke publik. Hal- hal semacam itu yang tentu kita berharap ke depannya RRI menjadi media pertama yang mengetahui hal- hal itu dan menyampaikannya kepada publik,” tambah Sekjen DPR.

Selanjutnya Indra Iskandar juga menyampaikan bahwa nantinya tidak hanya kegiatan di dalam negeri, namun terbuka juga kesempatan penyampaian informasi terkait kerjasama Indonesia dengan negara lain termasuk diplomasi Parlemen. Dia juga berharap agar MoU tersebut dapat mengoptimalkan publikasi dan penyiaran kinerja DPR RI.

“ Diharapkan melalui MoU yang sudah kami tandatangani bersama Bapak Dirut RRI, dapat mengoptimalkan publikasi dan penyiaran kinerja DPR kepada seluruh masyarakat di wilayah Indonesia sebagai bentuk dukungan pemberitaan terhadap tugas dan fungsi DPR RI?” ungkap Indra Iskandar.

Selain kerjasama di bidang siaran yang telah tertuang dalam nota kesepahaman tersebut, Indra juga berharap nantinya dapat diwujudkan kerjasama di bidang non- siaran seperti kerjasama pengembangan SDM di masing- masing instansi, misalkan pengembangan SDM yang memahami penyiaran melalui Diklat RRI atau membangun SDM yang memahami dinamika Parlemen melalui Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Sekretariat Jenderal DPR RI.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Utama RRI I Hendrasmo mengungkapkan harapannya agar kolaborasi yang dijalin dapat memperkuat pemahaman masyarakat tentang bagaimana proses demokrasi bekerja dan bagaimana Dewan Perwakilan Rakyat menjalankan fungsinya. Hendrasmo juga menjelaskan bahwa kerjasama ini akan memperkaya variasi konten dan program, terlebih belum adanya program khusus yang membahas tentang kinerja Parlemen di instansi yang dipimpinnya. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline