logo seputarnusantara.com

Fran Suharmaji : Harus Ada Action Untuk Kembangkan Pariwisata di Purworejo

29 - Sep - 2022 | 16:30 | kategori:Headline

Keterangan foto : H. Fran Suharmaji, SE., MM., Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah

Purworejo. Seputar Nusantara. Purworejo mempunyai Destinasi Wisata yang sangat potensial. Pengelolaan Destinasi Wisata di Purworejo masih belum maksimal. Maka harus ada action untuk mengembangkan Destinasi Wisata di Purworejo.

Hal tersebut disampaikan oleh H. Fran Suharmaji, SE., MM., Wakil Ketua DPRD Kabupaten Purworejo- Provinsi Jawa Tengah kepada seputarnusantara.com di Kantor DPC PKB Purworejo, pada Kamis 29 September 2022.

Fran Suharmaji menjelaskan bahwa Purworejo didukung dengan potensi alam, sehingga bisa dikembangkan sebagai Destinasi Wisata Unggulan. Potensi alam dan pesisir pantai di Purworejo sebagai daya dukung dan daya tarik bagi Wisatawan.

” Disamping potensi alamnya, juga ada poros Banyumas- Yogyakarta yang sangat ramai. Kalau poros ini kemudian dimanfaatkan oleh Purworejo, maka sangat potensial untuk daya tarik Pariwisata,” ungkapnya.

Kemudian, lanjutnya, dengan adanya Bandara baru yaitu YIA (Yogyakarta International Airport) di Kulon Progo yang sangat dekat dengan Purworejo, ini sangat mendukung pengembangan Pariwisata di Purworejo.

” Kalau dilihat dari semangat Pemerintah Daerah Kabupaten Purworejo dalam pengembangan Destinasi Wisata, sudah sangat bagus semangatnya. Namun masih tertinggal dibandingkan Magelang atau Kebumen. Magelang punya Destinasi Wisata Candi Borobudur yang sudah mendunia,” urainya.

Namun, imbuhnya, ada BOB (Badan Otorita Borobudur) yang masuk juga ke wilayah Purworejo. Artinya, Purworejo mulai sekarang harus menyusun rencana apa yang harus diperbuat untuk pengembangan di wilayah utara. Jadi akses di wilayah utara harus saling terkoneksi, kemudian sarana prasarana juga harus diperbaiki, dan infrastrukturnya juga harus bagus.

” Akses Purworejo dengan Kulon Progo dan Magelang harus diperbaiki untuk mendukung Destinasi Wisata di wilayah utara Purworejo. Yang paling dominan adalah masalah infrastruktur, maka ini harus menjadi fokus perhatian,” terangnya.

Fran Suharmaji juga menekankan pentingnya peranan Desa dalam pengembangan Pariwisata. Kita jangan kalah dengan tetangga sebelah seperti Kebumen yang hampir setiap Desa mengembangkan Destinasi Wisata. Padahal Purworejo memiliki potensi alam yang luar biasa untuk Destinasi Wisata.

” Purworejo posisinya sangat strategis. Daerah sekitar seperti Magelang, Kebumen, Banyumas, Temanggung dan Wonosobo, jika mau ke Bandara baru YIA, melalui Purworejo. Jadi bagaimana Purworejo memanfaatkan posisi strategis ini supaya menjadi daya dukung dan daya tarik Wisatawan. Sehingga perlu dikembangkan Destinasi Wisata baik itu alam seperti pegunungan maupun pantai, juga bisa Wisata Kuliner,” tegasnya.

Fran mencontohkan Destinas Wisata Pantai di Kebumen. Mulai dari ujung barat Kebumen yaitu pantai Karang Bolong hingga timur pantai Ayah di Petanahan, sudah dikelola dengan baik. Pengembangan Destinasi Wisata di daerah tetangga, bisa menjadi cermin bagi Purworejo. Jadi Purworejo bisa mencontoh daerah tetangga bagaimana mengelola Pariwisata yang bagus.

” Destinasi Wisata disamping dapat meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah), juga bisa menimbulkan multiplayer effect bagi masyarakat. Dengan banyaknya Destinasi Wisata di Purworejo pasti akan menimbulkan dampak ekonomi yang sangat luar biasa di masyarakat. Tentunya di Destinasi Wisata akan timbul sentra- sentra ekonomi baru dan UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) akan muncul, sehingga meningkatkan perekonomian masyarakat,” ucapnya.

Maka, tambahnya, UMKM harus dibina dan diberi pelatihan- pelatihan supaya lebih berkembang. Dengan pembinaan dan pelatihan UMKM, maka mereka akan semakin profesional dalam mengelola UMKM. Dengan semakin profesional, maka UMKM semakin berkembang dan perekonomian masyarakat akan semakin meningkat.

” Dengan pembinaan dan pelatihan UMKM, maka para pelaku UMKM akan lebih memahami manajemen pemasaran, lebih kreatif, dan lebih profesional. Menurut saya, UMKM ini sangat menarik dan Purworejo sangat potensial untuk pengembangan UMKM. Sebagai contoh, produk UMKM yaitu Gula Semut, ini sudah di ekspor ke luar negeri. Produk- produk UMKM lain di Purworejo bisa dikembangkan dan bisa menembus ekspor, supaya memiliki nilai tambah bagi masyarakat,” pungkas Fran Suharmaji di penghujung Wawancara dengan seputarnusantara.com (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline