logo seputarnusantara.com

Program SAE Rutan Kelas IIB Purworejo Untuk Persiapkan Warga Binaan Mandiri

24 - Nov - 2022 | 14:00 | kategori:Headline

Keterangan foto : Mochamad Mukaffi, Amd.IP., SH., MH., Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Purworejo- Provinsi Jawa Tengah

Purworejo. Seputar Nusantara. Rutan (Rumah Tahanan) Kelas IIB Purworejo- Provinsi Jawa Tengah punya program yang sangat bagus dan menarik. Program tersebut adalah SAE (Sarana Asimilasi dan Edukasi) terhadap warga binaan. Program SAE Rutan Purworejo berjalan dengan baik dan mendapatkan sambutan yang antusias dari warga binaan.

Menurut Mochamad Mukaffi, Amd.IP., SH., MH., Kepala Rumah Tahanan Negara Kelas IIB Purworejo- Provinsi Jawa Tengah bahwa Rutan Kelas IIB Purworejo memiliki lahan seluas kurang lebih 1,2 hektar yang berada di Kelurahan Lugosobo- Kecamatan Gebang.

Keterangan foto : areal perkebunan milik Rutan Kelas IIB Purworejo yang berlokasi di Kelurahan Lugosobo- Kecamatan Gebang

” Areal seluas 1,2 hektar tersebut diperuntukkan antara lain : pertama, untuk rumah dinas pegawai Rutan Kelas IIB Purworejo, kemudian kedua, dibelakang rumah dinas terdapat lahan kosong yang dimanfaatkan untuk perikanan, persawahan dan juga perkebunan,” ungkap Mukaffi kepada seputarnusantara.com di kantor Rutan Purworejo, pada Kamis 24 November 2022.

Lebih jauh Mukaffi menjelaskan bahwa tanaman padi, pepaya, cabai dan perikanan sudah cukup lama dikembangkan disana. Sektor perikanan, disana dikembangkan produksi ikan nila dan ikan bawal. Dan akhir- akhir ini yang update, Rutan Kelas IIB Purworejo mengembangkan tanaman jagung di areal tersebut.

” Untuk komoditas jagung, karena biaya produksi tidak mahal dan juga mudah dalam perawatan, kami optimis akan mendapatkan hasil yang maksimal,” jelasnya.

Di Lugosobo, tambahnya, ada program yang bernama SAE, yaitu Sarana Asimilasi dan Edukasi yang dikerjakan oleh warga binaan yang memenuhi syarat- syarat khusus berupa sidang TPP dan juga sudah sesuai dengan SOP (Standart Operational Procedure). Dan warga binaan yang mengikuti program SAE dikawal oleh petugas dari Rutan Purworejo.

” Alhamdulillah program SAE di Lugosobo- Kecamatan Gebang dapat dilaksanakan dengan baik dan berjalan secara berkesinambungan,” tegas Kepala Rutan.

Program SAE tersebut, lanjutnya, mempunyai tujuan untuk melatih, membimbing, dan membina warga binaan. Sehingga setelah mereka bebas dari rumah tahanan akan mempunyai keahlian dan dapat bekerja ditengah- tengah masyarakat atau membuka lapangan pekerjaan sendiri.

” Program SAE ini juga berkontribusi kepada devisa negara. Sebab hasil perikanan dan perkebunan juga kami setorkan ke negara berupa PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak). Mulai dari kita, mari kita tertib membayar pajak dan memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara,” ucap Mukaffi.

Mukaffi berharap agar warga binaan setelah bebas nanti dari rumah tahanan bisa kembali ke masyarakat dan bermanfaat bagi lingkungan. Dirinya juga mengharapkan kepada seluruh warga binaan agar taat terhadap hukum setelah kembali ke tengah- tengah masyarakat.

” Kami harapkan dan tegaskan kepada warga binaan setelah bebas nantinya agar taat hukum, tidak mengulangi perbuatan kriminal lagi, tidak melanggar hukum, bisa diterima oleh masyarakat. Kami juga berharap agar warga binaan yang sudah bebas bisa berguna bagi masyarakat dan lingkungan sekitarnya,” pungkas Mukaffi di penghujung Wawancara dengan seputarnusantara.com (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline