logo seputarnusantara.com

Anggota Komisi VI DPR RI Harris Turino Meminta Agar Kementerian Perdagangan RI Antisipasi Kenaikan Inflasi

28 - Nov - 2023 | 11:45 | kategori:Headline

Keterangan foto : Anggota Komisi VI DPR RI Harris Turino saat mengikuti Raker dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan jajaran di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (27/11/2023). 

Jakarta. Seputar Nusantara. Anggota Komisi VI DPR RI Harris Turino meminta Kementerian Perdagangan (Kemendag) RI untuk mengantisipasi kenaikan inflasi di akhir tahun 2023. Dia menyebutkan bahwa pada akhir tahun ini sudah terjadi perubahan tren inflasi dibanding tahun- tahun sebelumnya.

Harris merinci, pada tahun- tahun sebelumnya, mulai bulan Juli hingga September biasanya terjadi fenomena deflasi, yang kemudian pada bulan November akan diikuti oleh inflasi yang mulai naik. Namun, fenomena tersebut dinilai cukup berbeda dengan yang terjadi pada tahun ini.

” Data ini terjadi sebelum Covid, semasa Covid, maupun sesudahnya. Tetapi tahun ini terjadi satu fenomena yang cukup berbeda, yaitu sudah mulai adanya kenaikan inflasi di bulan September dan waktu Oktober jadi ada geser ke depan sedikit,” jelasnya dalam Raker dengan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dan jajaran di Gedung Nusantara I, Senayan, Jakarta, Senin (27/11/2023).

Fenomena tersebut, lanjut Harris, perlu diantisipasi oleh Kemendag. Terlebih, pada awal tahun depan akan ada pesta demokrasi di Indonesia. Pihaknya pun mewanti- wanti adanya kemungkinan inflasi yang lebih tinggi terjadi pada Desember 2023 atau Januari 2024.

” Antisipasi ini sangat penting karena apapun yang terjadi, masyarakat perlu mendapatkan bahan pangan, bahan strategis, padahal harga yang terus naik. Dan ini menarik bahwa ini terjadi bukan hanya di barang- barang umum tetapi barang- barang yang bergejolak polanya juga sama tahun ini berbeda,” harapnya.

Meski begitu, Harris juga mengapresiasi inflasi yang selama ini masih terkendali di angka 2,6 persen.

” Kita apresiasi Pak bahwa inflasi terkendali 2,6 persen. Ini angka bukan hanya lebih bagus dibandingkan tahun yang lalu tetapi juga sesuai dengan target ada dua sampai empat persen,” ungkap Politisi Fraksi PDI-Perjuangan ini. (Aziz)

BERANDA | RSS 2.0 | KATEGORI: Headline | Both comments and pings are currently closed.

Comments are closed.

Tulisan dengan Kategori Headline